Breaking News

Sejarah: Invasi Bangsa Mongol ke Eropa

PAPUA HEBAT -- Orang-orang Mongol dari Mongolia di bawah kepemimpinan Jengis Khan merupakan salah satu bangsa yang pernah menaklukkan Eropa.

Invasi Kekaisaran Mongol ke Eropa adalah penaklukan Eropa oleh Kekaisaran Mongol pada abad ke-13 masehi, dengan menyerang kepangeranan-kepangeranan Slavia Timur, seperti Kiev dan Vladimir. Kekaisaran Mongol juga menginvasi Eropa Tengah, yang menyebabkan perang antara faksi-faksi di Polandia, seperti dalam Pertempuran Legnica (9 April 1241) dan dalam Pertempuran Mohi (11 April 1241) di Kerajaan Hongaria.

Operasi direncanakan oleh Jendral Subutai (1175-1248) dan dipimpin oleh Batu Khan (kr. 1207-1255) dan Kadan (d. kr. 1261). Kedua laki-laki tersebut merupakan cucu dari Genghis Khan; penaklukan mereka menyatukan banyak wilayah Eropa ke Kekaisaran Golden Horde. Pangeran-pangeran Eropa yang awalnya berselisih menyadari bahwa mereka harus bekerja sama dalam menghadapi invasi Mongol, sehingga perang lokal dan konflik di bagian tengah Eropa ditangguhkan, untuk kemudian berlanjut setelah pasukan Mongol kembali.