Breaking News

Wow, Pria Aborigin Bentuk Negara Sendiri karena Tidak Diakui Australia

ilustrasi
PAPUA HEBAT -- Seorang pria Aborigin mendeklarasikan negara sendiri setelah identitas pribuminya tidak diakui konstitusi Australia.

Murrumu Walubara tinggal di Great Barrier Reef bagian bagian dari Wilayah Yidinji, sebuah negara yang dideklarasikan sendiri yang membentang lebih dari 6.000 mil persegi di bagian timur laut benua Australia, yang dibentuk oleh Walubara pada tahun 2014, tetapi ia mengatakan kedaulatan tidak pernah diserahkan.

Menurut laporan New York Times, 14 September 2019, lima tahun lalu pribumi Australia tidak diakui oleh Konstitusi Australia, dan Walubara akhirnya berhenti dari pekerjaannya sebagai reporter politik dan meninggalkan kewarganegaraan dan nama lama Australia-nya, Jeremy Geia. Dia mengembalikan paspornya, dokumen perawatan kesehatan masyarakat dan SIM ke departemen pemerintah masing-masing, katanya, dan menghancurkan kartu bank Australia-nya.

"Saya berasumsi bahwa saya memiliki keanggotaan yang benar dan benar di dalam Persemakmuran Australia," kata Walubara, yang kini berusia 45 tahun, menceritakan penulisan dalam surat-surat yang menyertai masing-masing departemen pemerintah. "Saya telah melakukan kesalahan: Saya tidak lagi memenuhi syarat untuk manfaat masyarakat Anda," tulisnya.

Sementara para ahli mengatakan bahwa Walubara memiliki jalan panjang sebelum Australia mengakui klaim kedaulatannya, argumennya telah menarik perhatian publik dan media nasional.

Isu ini juga menjadi beban politik di negara yang belum mengakui Penduduk Asli Australia dalam Konstitusi atau untuk membuat perjanjian dengan populasi yang terpinggirkan, yang telah lama mencari suara di Parlemen. (baca)

Sekarang, dengan terpilihnya kembali pemerintah Australia yang konservatif yang telah menjanjikan referendum mengenai masalah pengakuan konstitusional, Walubara, yang merupakan menteri urusan luar negeri dan perdagangan Wilayah Yidinji, sekali lagi menekan para pemimpin federal untuk membuat perjanjian dengan Pemerintah Yidinji yang Berdaulat. Yidinji memiliki kabinet 10 menteri dan, sejauh ini, hampir 100 warga negara (kebanyakan dari mereka memiliki kewarganegaraan Australia dan Yidinji).

Diakui dalam kerangka Persemakmuran, kata Walubara, itu tidak cukup. Perjanjian dengan pemerintah pribumi yang berdaulat adalah satu-satunya obat yang tepat, katanya, untuk pengucilan dan rasa sakit yang ditimbulkan pada generasi-generasi masyarakat pribumi, yang diperkirakan telah menghuni Australia selama setidaknya 65.000 tahun sebelum dipindahkan dan dalam beberapa kasus dibantai setelah Inggris tiba di akhir 1700-an.

"Kami tidak akan pergi, dan kami tidak ingin Persemakmuran Australia pergi. Namun, persemakmuran ada di wilayah kami," kata Walubara.

Pemerintahnya tidak menginginkan kompensasi, katanya, tetapi agar Australia mengakui Wilayah Yidinji sebagai entitas resmi, dan hak untuk mempertahankan pasukan polisi dan tentara.